Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Bekasi Berikan Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan Pemilu kepada Anggota Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi Bekasi

Bawaslu Kota Bekasi Berikan Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan Pemilu kepada Anggota Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi Bekasi

Bekasi (28/3) - Jelang tahapan Pemilu serentak dimulai, Bawaslu Kota Bekasi memberikan pendidikan dan pelatihan tentang pengawasan pemilu kepada Anggota DPC Peradi Bekasi.

Choirunnisa, Ketua Bawaslu Kota Bekasi menegaskan pentingnya kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Bawaslu Kota Bekasi dengan DPC Peradi Bekasi. “Bagi kami, profesi advokat adalah mitra strategis Bawaslu dalam pengawasan partisipatif Pemilu tahun 2024 mendatang” kata Nisa. Dia juga menambahkan bahwa Pemilu serentak mendatang adalah Pemilu yang tahapannya panjang dan banyak hal yang perlu diawasi. Sehingga dibutuhkan banyak pihak untuk mengawasi proses tersebut. “Semakin banyak orang yang terlibat dalam pengawasan partisipatif, semakin banyak mata yang mengawasi, maka semakin baik untuk mewujudkan demokrasi yang lebih berkualitas di Kota Bekasi” ucap Nisa.

Pada kesempatan lain, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat Abdullah Dahlan mengatakan, kegiatan pelatihan dan pendidikan ini merupakan kegiatan  sinergis dan strategis dalam menyambut Pemilu serentak pertama dalam sejarah Indonesia. “Kerjasama yang dilakukan Bawaslu Kota Bekasi dengan DPC Peradi Bekasi menjadi sebuah langkah strategis karena permasalahan Pemilu bukan sekedar administrative election tetapi juga persoalan penegakkan hukum pemilu. Oleh karena itu, sinergi dengan stakeholder penegakkan hukum pemilu menjadi penting” tutur Abdullah. Ia juga menegaskan bahwa kolaborasi semacam ini masih sangat relevan untuk mengawal proses tahapan Pemilu tahun 2024. “Sinergi ini adalah hal yang positif untuk mencapai visi bersama demi menghasilkan Pemilu yang berkualitas dan turunannya menghasilkan pemimpin-pemimpin yang lebih berkualitas” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) Hermansyah Dulaimi, mengapresiasi kegiatan ini. Dia menilai, langkah ini merupakan sebuah terobosan penting dalam menyambut Pemilu serentak mendatang. “Pendidikan dan pelatihan ini menjadi sangat penting karena kegiatan ini bisa menjadi sebuah wadah guna mengetahui tugas dan fungsi Bawaslu pada Pemilu tahun 2024” ujar Hermansyah. Dia juga berharap kepada seluruh anggota Peradi untuk bisa berkontribusi dalam proses pengawasan pemilu serentak mendatang. “Fungsi advokat tidak hanya ada pada proses peradilan, tapi juga bisa menjadi penyuluh kepada seluruh stakeholder pemilu dalam hal hukum dan lain-lain” tutupnya.

(rm/hhd)