Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Bekasi Hadiri Sosialisasi Modul Bimtek PKD Bawaslu Se-Jabar

Bawaslu Kota Bekasi Hadiri Sosialisasi Modul Bimtek PKD Bawaslu Se-Jabar

Kota Bekasi (10/03) - Bawaslu Kota Bekasi hadiri Badan Sosialisasi Modul Bimtek Pengawas Kelurahan Desa Pemilu 2024 yang diselenggarakan Bawaslu Provinsi Jawa Barat di Aston Hotel Cirebon, Jumat (10/3). Kegiatan diikuti oleh Ketua dan Kordiv SDMOD Bawaslu Kota Bekasi serta Ketua dan Anggota Bawaslu Kab/Kota Se-Jawa Barat. 

Kordiv Hukum dan Diklat H Yusup Kurnia SIP SH MH berpesan agar seluruh PKD mengerti dan memahami bagaimana menjalankan tugasnya. Melihat bagaimana PKD saat coklit dilakukan, katanya, harus lebih pro aktif.
 "Yang kita (Bawaslu Jabar) lakukan sebenarnya supervisi pengawasannya. Jadi pastikan PKD menjalankan tugasnya. Sebagai bentuk pencegahan harus melakukan sosialisasi, fungsi SDM mensupervisi PTPS dan pengawasan harus menjalankan tugasnya seperti form a dan dokumentasi," katanya.
Dia menambahkan, bagaimana PKD juga bisa melakukan investigasi sekaligus memahami kewenangannya menerima laporan. PKD, katanya, harus tahu jenis-jenis pelanggaran termasuk dugaan terjadinya sengketa. "Modulnya sudah ada bagaimana mendesain bimtek dengan anggaran yang ada untuk PKD tersebut," jelas H Yusup.
Sementara Koordiv SDM Bawaslu Jabar H Wasikin Marzuki menyampaikan bahwa keberadaan PKD sangat penting sebagai perpanjangan Bawaslu di lapangan. Keberadaan PKD, katanya, berkantor di Panwascam setempat. "Kedepan di kantor Panwascam agar disiapkan kursi untuk PKD. Agar mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik," pesannya 
Kabag SDM Bawaslu Jabar Isti Khoriana menyampaikan dalam kegiatan ini akan menghadirkan narasumber dari pegiat pemilu dan pemantau pemilu. Dalam kegiatan ini, imbuhnya, akan membekali para ketua dan Koordiv SDMO Diklat yang nantinya akan memberi bekal kepada PKD di Kabupaten/Kota masing-masing.
(cm/srl)