Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Bekasi Menghadiri Kegiatan Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik

Bawaslu Kota Bekasi Menghadiri Kegiatan Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik

Bekasi (30/11) - Bawaslu Kota Bekasi menghadiri acara yang di selenggarakan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (BAWASLU RI) yakni penganugerahan keterbukaan informasi publik (KIP) tahun 2021 bagi Bawaslu Provinsi Se Indonesia secara Daring Zoom Meeting. Acara ini diadakan guna memperkuat transparansi kelembagaan. Penilaian ini diberikan kepada Bawaslu RI (pusat) kepada 34 provinsi dan hanya 22 Bawaslu Provinsi yang menerima penghargaan kategori informatif. 

Dalam kegiatan ini Bawaslu Provinsi Jawa Barat kembali meraih penghargaan sebagai lembaga informatif Bawaslu Provinsi se-Indonesia Tahun 2021. Bawaslu Provinsi Jawa Barat berhasil mempertahankan anugerah sebagai Bawaslu Informatif oleh Bawaslu RI sejak Tahun 2020. Komisioner Bawaslu Provinsi Jawa Barat Divisi Humas dan Hukum Datin yang hadir dan menerima penghargaan ini mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran, baik Bawaslu RI, Bawaslu Jawa Barat, dan semua pihak yang turut mendukung Bawaslu sebagai lembaga pengawas Pemilu yang terpercaya di masyarakat.

Fritz Edward Siregar selaku Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Datin Bawaslu RI mengatakan “Bawaslu Provinsi melakukan berbagai inovasi pendukung pengelolaan dan pelayanan data informasi. Setidaknya ada tiga inovasi pendukung. Pertama, database manajemen sistem, Kedua adalah sistem pelayanan informasi terintegrasi. Caranya dengan mendekatkan layanan membentuk website PPID Bawaslu Kabupaten/Kota yang terkoneksi dengan PPID Bawaslu Provinsi, dan ketiga adalah pelayanan prima dengan mengoptimalkan medsos," ucap Frizt Edward.

Fritz Edward Siregar juga mengatakan "Bawaslu siap mengimplementasikan Pasal 4 ayat 1 huruf c Perki (Peraturan Komisi Informasi) Nomor 1 Tahun 2021 tentang layanan sistem informasi publik dengan tukar menukar data badan publik melalui mekanisme bantuan kedinasan. Kami harap di lapangan Komisi Informasi dan Bawaslu dari tingkat pusat hingga daerah dapat bekerja sama," tutup dia.

(aya/hhd)