Bawaslu Kota Bekasi Dorong Transformasi Digital Lewat Sosialisasi Aplikasi Srikandi
|
Kota Bekasi – Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan arsip dan tata naskah dinas secara elektronik, Bawaslu Kota Bekasi menggelar Rapat Dalam Kantor (RDK) terkait "Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Srikandi" pada Senin (11/08/2025) bertempat di ruang rapat Bawaslu Kota Bekasi.
Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Bekasi tersebut diikuti oleh seluruh jajaran Sekretariat Bawaslu Kota Bekasi, mulai dari Kepala Subbagian, hingga Staf Pelaksana Teknis. Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman dan keterampilan dalam memanfaatkan Aplikasi Srikandi sebagai sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi, sesuai ketentuan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).
Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kota Bekasi Vidya Nurrul Fathia, S.IP., M.I.Pol, menyampaikan bahwa pemanfaatan Aplikasi Srikandi merupakan bagian dari upaya mendukung transformasi digital di lingkungan Bawaslu.
“Dengan Srikandi, pengelolaan arsip dan surat-menyurat dapat dilakukan secara lebih cepat, aman, dan tertib. Ini sejalan dengan semangat reformasi birokrasi dan pelayanan publik berbasis digital,” ujarnya.
Materi sosialisasi disampaikan oleh Dinda Aprilia S.Psi, Staf Divisi SDMO Bawaslu Kota Bekasi, yang menjelaskan mulai dari tata cara login, pembuatan dan pengelolaan naskah dinas elektronik, hingga prosedur penyimpanan dan pencarian arsip. Pada jalannya sosialisasi, jajaran sekretariat juga mendapatkan kesempatan untuk praktik langsung menggunakan akun Srikandi masing-masing.
Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Bekasi Riki Fitrian, S.STP, M.Si menambahkan bahwa setelah sosialisasi ini, seluruh jajaran sekretariat diharapkan segera mengimplementasikan penggunaan Aplikasi Srikandi dalam pekerjaan sehari-hari.
“Kita ingin memastikan semua proses surat-menyurat dan kearsipan di Bawaslu Kota Bekasi terdokumentasi dengan baik sesuai standar ANRI,” ungkapnya.
Melalui kegiatan ini, Bawaslu Kota Bekasi berkomitmen untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi, demi terciptanya tata kelola administrasi yang efektif, efisien, dan akuntabel.
Humas-Af